• Pengertian dan Sejarah Blog


      Dalam artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang pengertian blog ini, tetapi dalam artikel kali ini saya akan mencoba merangkumnya sehingga mudah untuk dipahami karena saya akan mengambil beberapa point yang dianggap penting saja.


    PENGERTIAN BLOG
      Pengertian blog (disebut juga weblog atau web log) adalah situs yang terdiri dari entri (disebut juga posting)yang muncul dalam urutan kronologis terbalik, singkatnya masukan terbaru yang akan muncul pertama. Blogbiasanya memiliki fitur seperti komentar dan link untuk meningkatkan aktivitas pengguna.

      Jadi komunikasi yang terbentuk dalam blog adalah dua arah, yaitu antara pemilik dan pengunjung. Namun karena kebutuhan khusus blog dapat juga berbentuk komunikasi satu arah, seperti blog berita dan sebagainya.

    ISTILAH DALAM BLOG
     Blogging adalah tindakan atau aktivitas menulis posting untuk blog
     Blogger adalah seseorang yang menulis posting untuk blog
     Blogosphere adalah komunitas online blog dan blogger

    SEJARAH BLOG
      Sejarah blog dimulai pada suatu masa ketika internet itu hanya digunakan sebagai alat informasi. Dalamperiode awal World Wide Web sekitar 20 tahun yang lalu, situs web atau blog dibuat berbentuk sangatsederhana dan komunikasi yang terbentuk hanya satu arah. Seiring berjalannya waktu, internet menjadi lebih interaktif dengan pengenalan website berbasis transaksi dan belanja online.



    Itu semua berubah dengan evolusi Web 2.0 (web sosial) dimana konten yang dibuat oleh pengguna menjadi bagian integral dari dunia online. Saat ini, pengguna website memberikan komunikasi dua arah dan mulai saat itu log web (atau blog) lahir.

    KELAHIRAN BLOG
      Blog paling awal dimulai pada akhir 1990-an yang hanya digunakan sebagai buku harian online. Seseoranghanya memposting informasi tentang kehidupan dan pendapat mereka setiap harinya. Posting-posting hariantersebut terdaftar secara terbalik menurut urutan tanggal, sehingga pembaca melihat posting terbaru tampilpertama dan diikuti oleh postingan sebelumnya. Format ini memberikan gambaran terbaru yang berlangsung dari sang pemilik blog (blogger).

      Seiring perkembangan blog, fitur interaktif kemudian ditambahkan untuk membuat percakapan dua arahantara pemilik dan pembaca blog. Pembaca mengambil keuntungan dari fitur yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan komentar pada posting blog atau link ke postingan di blog sehingga terjalin komunikasi dua arah.

    BLOG HARI INI
      Saat ini internet telah berkembang menjadi media sosial yang banyak sekali pengunanya, begitu juga blog yang telah menjadi sangat populer. Blog telah berkembang tidak hanya menjadi buku harian online, tetapi aktivitas blogging telah menjadi bagian penting dari dunia online maupun offline sehingga tidak jarang seorang blogger menjadi sangat popular dan dapat mempengaruhi dunia politik, bisnis dan masyarakat dengankata-kata yang mereka buat melalui postingan.

    BLOG DI MASA DEPAN
      Tampaknya tak akan terelakkan lagi bahwa aktivitas blogging akan menjadi lebih berkembang di masamendatang dengan lebih banyak orang terlibat di dalamnya. Dengan kemampuannya yang dapat mempengaruhi pembaca, blog akan menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan bisnis di masa yang akan datang.

      Siapapun dapat dengan mudah membuat sebuah blog dengan menggunakan alat atau tools yang sangat mudah bahkan gratis yang tersedia secara online. Pertanyaannya tidak lagi "untuk apa saya membuat blog?"melainkan, "mengapa saya tidak membuat blog?"

    Semoga Bermanfaat

    Terima Kasih telah membaca artikel tentang Pengertian dan Sejarah Blog . Silahkan baca artikel lainnya di daftar isi.
    author-photo

    Judul : Pengertian dan Sejarah Blog .
    Ditulis oleh : Unknown .
    Pada hari : Wednesday 13 August 2014 .
    Rating Blog : 5 dari 5

    Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
    ×
    Previous
    Next Post »

    Syarat berkomentar :
    1. Tidak boleh mencantumkan link aktif ( auto delete )
    2. Tidak boleh mengandung SARA, pornografi,dsb.
    3. Budayakan berkomentar dengan sopan dan menghargai pendapat orang lain.
    ConversionConversion EmoticonEmoticon